Olahraga

Dipukul Liverpool, Barcelona Merana

Liverpool, harianbetawionline.com
Laga semifinal Piala Champions Eropa menyajikan momen ajaib. Liverpool tampil luar biasa. Ibarat film mission imposible (misi mustahil). Setelah dilibas 3 gol tanpa balas pada leg pertama di markas Barcelona, di Camp Nou, Spanyol, kini Liverpool bangkit bak kesetanan di leg kedua di kandang senidiri, Stadion Anfield, Kota Liverpool, Inggris. Pasukan Jurgen Klopp ini membobol gawang Barcelona 4 gol. Sebuah fakta yang nyaris tak masuk akal.

Dengan hasil ini, Liverpool unggul dengan gol agregat 4-3 dan berhak melaju ke babak final. Sementara Barcelona tersisih. Nasibnya sama dengan tahun lalu. Di perempat final, Barcelona harus berduel dengan AS Roma, Italia. Sempat unggul 4-1 di markasnya, di Camp Nou, Barselona harus tersingkir lantaran dibantai AS Roma 3-0 di pertemuan kedua di kota Roma.

Duel Liverpool-Barcelona berlangsung Selasa (7/5/19) waktu Inggris atau Rabu dini hari (8/5/19) WIB di Indonesia. Semua bintang Barcelona mati kutu. Lionel Messi, Luis Suarez, Philipe Coutinho menjadi macan ompong. Mereka tidak berkutik. Bahkan, Suarez mengakui dia dan kawan-kawannya tampil seperti pemain sekolah sepakbola.

Messi kembali jadi tumpuan Barcelona. Catatan statistik menunjukkan Messi berhasil melepaskan 5 tembakan dengan 2 tepat sasaran. Catatan Messi tersebut jomplang dibandingkan tembakan Luis Suarez dan Coutinho yang mendampingi Messi di lini depan. Keduanya hanya mampu melepaskan satu tembakan mengarah ke gawang.

Messi juga punya catatan 2 tembakan tepat ke gawang pada pertemuan pertama di Camp Nou. Bedanya saat itu, Messi lebih tajam setelah mencetak dua gol. Suarez dan Coutinho pun lebih ganas. Suarez bisa mencetak satu gol dari tiga tembakan. Sementara Coutinho melepaskan 2 total tembakan.

Lalu kenapa kali ini, di Anfield, Messi mandul gol? Pemain dari Argentina ini gagal menambah pundi-pundi golnya karena penampilan gemilang Alisson Becker di gawang Liverpool. Kiper asal Brasil ini berhasil menggagalkan 5 peluang emas Barca.

Dibombardir Messi (2 peluang), Jordi Alba (1 peluang), Coutinho (1 peluang), dan Luis Suarez (1 peluang) dibendung Alisson. Kiper utama Liverpool ini tampaknya belajar serius dari pertemuan pertama ketika gawangnya kebobolan 3 gol. Kala itu dia hanya bisa melakukan 2 penyelamatan.

Liverpool memang dikenal jago kandang. Tim ini sangat tangguh bila bermain di kandangnya sendiri pada Liga Champions musim ini. Saat ini, Liverpool baru kebobolan 2 gol di Anfield. Hal itu terjadi saat Liverpool menjamu Paris Saint-Germain pada pertandingan perdana penyisihan grup yang berakhir dengan kemenangan si Merah 3-2.

Setelah itu, gawang Liverpool steril. Liverpool menorehkan 5 clean sheet alias tak kebobolan. Catatan gol Messi melawan klub Inggris pun akhirnya harus terhenti di angka 26 gol. Rinciannya adalah Arsenal (9), Manchester City (6), Manchester United (4), Chelsea (3), Tottenham Hotspur (2), dan Liverpool (2).

Messi pun gagal menambah catatan golnya di tanah Inggris. Sejauh ini, Messi telah mencetak 7 gol. Jumlah tersebut diciptakan Messi dalam 5 laga. Berikut catatan gol Messi di tanah Inggris: Babak 16 besar musim 2013-2014 Man City 0-2 Barcelona, Messi cetak 1 gol penalti.

Babak 16 besar musim 2015-2016 Arsenal 0-2 Barcelona, Messi cetak 2 gol. Penyisihan grup musim 2016-2017 Manchester City 3-1 Barcelona, Messi cetak 1 gol. Babak 16 besar musim 2017-2018 Chelsea 1-1 Barcelona, Messi cetak 1 gol. Penyisihan grup musim 2018-2019 Tottenham Hotspur 2-4 Barcelona, Messi cetak 2 gol. (*/chm)

Keterangan foto:
Para pemain Liverpool berpesta setelah menumbangkan Barcelona dengan skor 4 gol tanpa balas.