Nasional

Penerbangan Di Bandara AP I Terdampak Akibat Penerbangan Ke China Ditutup

Manajemen PT Angkasa Pura I (AP I) menutup sementara tiga bandaranya terhadap rute penerbangan dari dan ke China mulai Rabu 5 Februari 2020 (pukul 00.00 WIB). Langkah ini untuk mencegah dan menangkal penyebaran Virus Corona masuk ke Indonesia.  

Namun pelayanan kepada penupang tetal diberikan dengan utamakan aspek hospitality. Tercatat ada 158 penerbangan dari dan menuju China yang terdampak akibat penutupan sementara oleh Pemerintah ini.

Saat ini, ada tiga bandara  AP I yang melayani rute dari dan ke China pada 2020 ini  yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali _(scheduled flights)_, Bandara Sam Ratulangi Manado _(chartered flights)_, Bandara Adi Soemarmo Solo _(chartered flight)_,

Sesuai arahan Presiden terkait penghentian sementara operasional penerbangan dari dan ke China mulai 5 Februari ini, beberapa bandara Angkasa Pura I sudah melakukan penutupan sementara bagi operasional penerbangan dari dari dan ke China, bahkan sejak akhir Januari. 

“Dalam kondisi ini, bandara Angkasa Pura I tetap mengutamakan aspek _hospitality_ dalam melayani calon penumpang dengan penerbangan dari dan ke China, serta penumpang yang berkepentingan untuk _reschedule_ tiket mereka ke China,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi di Jakarta. 

Selain itu, lanjut Faik Fahmi, AP I juga meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan kementerian terkait dan Pemerintah Daerah setempat. 

158 Penerbangan Terdampak

Terdapat total 158 _flights_ dari dan ke China yang ditutup sementara di tiga bandara Angkasa Pura I tiap minggunya. Adapun rincian jumlah penerbangan yang ditutup sementara, yaitu:

*Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali*

– Jumlah _cancel flights_ dalam seminggu: 125 _flights_/ minggu dari 22 destinasi di China

– Jumlah maskapai dengan rute dari dan ke China: 7 maskapai yaitu:

1.            China Eastern (14 _flights_/ minggu)

2.            China Southern (10 _flights_/ minggu)

3.            Citilink (11 _flights_/ minggu)

4.            Lion Air (29 _flights_/ minggu)

5.            Xiamen Air (14 _flights_/ minggu)

6.            Garuda Indonesia (22 _flights_/ minggu)

7.            Sriwijaya Air (25 _flights_/ minggu)

*Bandara Sam Ratulangi Manado*

– Jumlah _cancel flights_ dalam seminggu: 28 flights/ minggu dari 10 destinasi

– Jumlah maskapai dengan rute dari dan ke China: 5 maskapai yaitu:

1.            China Southern (3 _flights_/ minggu)

2.            Citilink (4 _flights_/ minggu)

3.            Lion Air (15 _flights_/ minggu)

4.            Sriwijaya Air (2 _flights_/ minggu)

5.            Xiamen Air (4 _flights_/ minggu)

*Bandara Adi Soemarmo Solo*

Sejak 30 Januari 2020, di Bandara Adi Soemarmo Solo telah dihentikan sementara _chartered flight_ seminggu sekali dari dan ke China (Kunming). Pada 29 Januari telah dilakukan pemulangan wisman rute Solo-Kunming sebanyak 174 penumpang pukul 18.45 WIB.