Metropolitan

Jakarta Banjir, KCI Lakukan Rekayasa Operasi KA Commuter Line

Perjalanan KRL yang dioperasikan PT Kereta Commuter Indonesia (KSI) Sabtu (8/2/2020) sempat terganggu akibat hujan deras dan banjir yang menggengi ruas terutama antara Sasiun Kampung Bandan ke Stasiun Jakarta Kota. Kepada masyarakat pengguna KRL diminta maklum.

“Ada kendala perjalanan  KRL yang terjadi di lintas Jakarta Kota – Kampung Bandan akibat adanya genangan air di jalur rel di sekitar,” kata  VP Corporate Communications PT KCIAnne Purba di Jakarta, Sabtu.

Menurutnya, Stasiun Kampung Bandan. Kendala ini terpantau sejak pukul 04.30 WIB Sabtu (8/2/2020) dini hari. Dampak dari genangan tersebut, perjalanan KRL dari Stasiun Kampung Bandan menuju Stasiun Jakarta Kota PP terdapat kelambatan. 

“Sementara itu hingga pukul 08.00 WIB empat perjalanan KRL Jakarta Kota – Tanjung Priok PP dibatalkan,” kata Anne lagi.

Lebih lanjut, jelas Anne, di lintas antara Stasiun Jakarta Kota – Stasiun Gambir PP juga terjadi kepadatan untuk pergantian jalur antara KRL Commuter Line dan kereta jarak jauh. Untuk itu PT KCI melakukan rekayasa pola operasi KRL

“Sebagian kereta tujuan Stasiun Jakarta Kota diatur hanya sampai Stasiun Manggarai untuk selanjutnya kembali ke Depok/Bogor maupun Bekasi/Cikarang. Hal ini ditempuh untuk mengurai kepadatan antrian kereta diantara Stasiun Gambir – Stasiun Jakarta Kota,” papar Anne.

Para pengguna dihimbau untuk senantiasa mendengarkan informasi dari petugas di dalam KRL maupun di Stasiun terkait Stasiun tujuan akhir dari kereta yang dinaiki. “Informasi terkini mengenai perjalanan KRL juga dapat diikuti melalui aplikasi KRL Access,” tegas Anne Purba.(BN/elm/helmi)